Interaksi dengan konsumen
Pengertian
CRM
CRM (Customer Relationship
Management ) merupakan hubungan kerjasama antara pihak provider dengan
customer sehingga kedua belah pihak saling menguntungkan. Ini jika dipandang
secara umum.
CRM merupakan strategi dan
usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan
yang memuaskan bagi pelanggan. Saya menerapkan strategi lebih awal karena
menurut saya strategi merupakan faktor utama untuk memuaskan pelanggan, jika
ada strategi salah atau terlewatkan pasti akan hasilnya tidak akan memuaskan
bagi pelanggan.
Ada
3 aktivitas CRM yang harus diperhatikan dalam proses ini, yaitu :
1.
CRM operasional
Mencakup otomatisasi yang
terintegrasi dari keseluruhan proses bisnis.terkait dengan mengumpulkan data
dan berlatih strategi, seperti :
1.
Otomatisasi
pemasaran, penjualan, dan pelayanan.
2.
Berperan
dalam interaksi dengan pelanggan.
3.
Dikenal
sebagai front office perusahaan.
2. CRM analitik
Merupakan proses analisis dari
data-data yang dihasilkan pada Operational CRM,terkait dengan pengolahan data
dan membentuk strategi berperan dalam memahami kebutuhan pelanggan dan
melaksanakan analisis pelanggan dan pasar, seperti analisis trend pasar dan
analisis perilaku pelanggan.
3. CRM kolaborasi
Aplikasi pelayanan yang terkolaborasi, seperti e-mail, personalized
publishing, e-communities, forum diskusi, dan sarana lainnya yang dirancang
untuk memfasilitasi interaksi antara pelanggan dan pihak perusahaan.
Tahap-Tahap CRM
CRM
mempunyai 3 tahap antara lain :
1.
Mendapatkan
Pelanggan Baru (Acquire), pelanggan baru didapatkan dengan memberikan kemudahan
pengaksesan informasi, inovasi baru, dan pelayanan, dan pelayanan yang menarik.
2.
Meningkatkan
Hubungan Dengan Pelanggan Yang Ada ((Enhance), perusahaan berusaha menjalin
hubungan dengan pelanggan melalui pemberian pelayanan yang terbaik terhadap
pelanggannya (Customer Service). Penerapan Cross Selling atau Up Selling pada
tahap ke dua dapat meninggkatkan pendapatan perusahaan dan mengurangi biaya
untuk memperoleh pelanggan (Reduce Cost).
3.
Mempertahankan
Pelanggan (Retain), merupakan usaha mendapatkan loyalitas pelanggan dengan
medengarkan pelanggan dan berusaha memenuhi keingina pelanggan.
Sumber :
http://krjogja.com/liputan-khusus/manajemen-bisnis/3699/interaksi-dengan-konsumen-dalam-bisnis-jasa.kr
https://pasurya.wordpress.com/2011/02/14/interaksi-dengan-pelanggan/
https://666aphenk.wordpress.com/2012/11/20/customer-relationship-management-crm/
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Interaksi dengan konsumen "
Posting Komentar